Grammy Awards 2023 dan Wanita dengan Prestasi Mendunia

grammy-awards-2023

Grammy Awards 2023 telah selesai diadakan, pada Minggu tanggal 5 Februari 2023 di Los Angeles, Amerika Serikat. Dan acara ini sukses dimeriahkan oleh banyak bintang dunia.

Dalam acara tahunan ini juga diumumkan daftar lengkap para pemenang penghargaan bergengsi ini. Dan Beyonce menjadi musisi yang meraih kemenangan di Grammy Awards 2023, terbanyak tahun ini.


Apa itu Grammy Awards 2023?

Grammy Awards atau penghargaan Grammy, diambil dari kata asli Gramophone Awards adalah sebuah penghargaan dari National Academy of Recording Arts and Sciences Amerika Serikat, sevagai pengakuan prestasi luar biasa di bidang industri musik

Penghargaan ini dilakukan secara tahunan atau setahun sekali, dengan menamppilkan berbagai pertunjukan dari beberapa artis dunia yang terkenal. 

Dalam acara ini, juga dilakukan penyerahan berbagai penghargaan yang populer. Penghargaan ini juga diakui oleh banyak penghargaan industri musik lainnya, seperti: Penghargaan Emmy (televisi), Tony Award (performa panggung), serta Academy Award (film).

Baca juga : Film Hollywood Favorit tentang Cinta

Adapun perayaan penghargaan musik bergengsi ini, pertama kali dilakukan pada tanggal 4 Mei 1959. Dan hingga saat ini sudah diadakan sebanyak 65 kali.


Para Wanita yang Mendulang Prestasi Internasional dalam Grammy 2023

Dalam acara bergengsi kategori penghargaan musik kelas internasional ini, terdapat beberapa wanita musisi dunia yang tampil membuktikan prestasinya di kancah dunia, seperti:


1. Beyonce, Peraih grammy awards 2023 terbanyak dalam sejarah

Lahir dengan nama asli Beyoncé Giselle Knowles-Carter, dengan nama populer Beyonce.

grammy-awards-2023

Merupakan seorang penyanyi dan aktris kelahiran Houston, texas, Amerika Serikat. Telah banyak mengikuti kompetisi menyanyi sejak kecil, dan mulai bersinar ketika dia begabung dengan di grup musik wanita R&B, Destiny's Child, sebagai penyanyi utama di akhir tahun 1990an.

Di acara Grammy 2023 ini, Beyonce memecahkan rekor sepanjang sejarah, dengan menyabet banyak kategori penghargaan bergengsi di dunia musik tersebut.

Baca juga : 10 Wanita Tercantik di Dunia 2021 

Tidak tanggung-tanggung, berikut penghargaan yang diterima Beyonce dalam Grammy Awards 2023, yaitu:

  1. Kategori Best Dance/Electronic Recording - Break My Soul
  2. Kategori Best Dance/Electronic Music Album - Renaissance
  3. Kategori Best Traditional R&B Performance - Plastic Off the Sofa
  4. Kategori Best R&B Song - Cuff It


2. Brandi Carlile

Brandi Carlile lahir di Amerika, tanggal 1 Juni 1981. Dan merupakan seorang penyanyi, penulis lagu serta produser pemenang penghargaan musik bergengsi Amerika Serikat. Dengan musiknya dalam berbagai genre.

grammy-awards-2023

Berikut penghargaan yang diterima Brandi Carlile dalam penghargaan Grammy 2023, yaitu:

  1. Kategori Best Rock Performance - Broken Horses
  2. Kategori Best Rock Song - Broken Horses


3. Taylor Swift

Taylor Alison Swift, biasa dikenal dengan nama panggung Taylor Swift, lahir di West Reading, Pennsylvania, Amerika Serikat, tanggal 13 Desember 1989.

grammy-awards-2023

Dia merupakan seorang penyanyi dan penulis lagu berkebangsaan Amerika Serikat. Uniknya, penulisan lagu naratifnya, seringnya berpusat pada sekitar kehidupan pribadinya. Dan hal itu membuatnya banyak menerima pujian kritis serta liputan media yang luas.

Baca juga : Sharing Pengalaman Pribadi vs Mengumbar Aib Pribadi 

Dan dalam Grammy Awards 2023, Taylor Swift berhasil menyabet penghargaan kategori Best Music Video untuk lagunya All Too Well: The Short Film.


4. Adele

Terlahir dengan nama Adele Laurie Blue Adkins MBE, atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Adele. Merupakan seorang penyanyi serta penulis lagu berkebangsaan Inggris, yang lahir pada tanggal 5 Mei 1988.

grammy-awards-2023

Adele merupakan lulusan BRIT School di tahun 2006, kemudian pertama kali dapat kontrak rekaman dengan XL Recordings. Hal ini terjadi ketika seorang temannya, mengunggah demo lagunya di MySpace ketika tahun itu.

Dan dalam penghargaan Grammy 2023, Adele berhasil memenangkan penghargaan kategori Best Pop Solo Performance untuk lagunya Easy on Me.


5. Lizzo

Lahir dengan nama asli Melissa Vivianne Jefferson, dan lebih dikenal dengan nama panggung Lizzo. Dia merupakan seorang penyanyi, rapper serta penulis lagu asal Amerika Serikat. 

grammy-awards-2023

Lahir di Detroit, Michigan, pada tanggal 27 April 1988. Lizzo lalu pindah ke Houston, Texas kemudian mulai pentas. Setelahnya pindah lagi Minneapolis, dan memulai kariernya sebagai artis rekaman

Dan dalam acara Grammy Awards 2023, Lizzo berhasil memenangkan penghargaan kategori Record Of The Year untuk lagunya About Damn Time.


6. Bonnie Raitt, Peraih grammy awards 2023 senior

Bonnie Raitt merupakan seorang penyanyi dan gitaris blues Amerika. Lahir 8 November 1949.
Mulai aktif di tahun 1971, ketika Raitt merilis album debut self-titled-nya. 

grammy-awards-2023

Setelahnya, dia mulai merilis serangkaian album lainnya. Yang kesemuanya lebih banyak dipengaruhi oleh akar musik yang diakui secara kritis, dengan memasukkan unsur-unsur blues, rock, folk, dan country.

Dan dalam penghargaan Grammy 2023, Bonnie Raitt berhasil memenangkan penghargaan kategori Song Of The Year untuk lagunya Just Like That.


7. Samara Joy

Samara Joy McLendon, atau yang lebih dikenal dengan nama Samara Joy. Merupakan seorang penyanyi jazz Amerika. 

grammy-awards-2023
Dia pernah memenangkan Kompetisi Vokal Jazz Internasional Sarah Vaughan di tahun 2019. Dan kemudian dinobatkan sebagai Artis Pendatang Baru Terbaik oleh Jazz Times dan The Recording Academy masing-masing di tahun 2021 dan 2023.

Pada penghargaan Grammy 2023 lalu, Samara Joy memenangkan penghargaan kategori Best New Artist untuk albumnya yang bertajuk Linger Awhile.

Baca juga : Tips Menjadi Wanita Beretika


8. Muni Long

Muni Long mempunyai nama asli Priscilla Renea Hamilton, yang lahir 14 September 1988.
Dia lebih dikenal dengan nama Muni Long (money long). Merupakan seorang penyanyi serta penulis lagu Amerika Serikat.

grammy-awards-2023

Muni Long sukses diawali dengan terlahirnya album studio debut solonya, Jukebox. Di mana dirilis melalui Capitol Records pada tahun 2009. 

Dia lalu menghabiskan beberapa dekade untuk menulis banyak lagu untuk artis lainnya.
Salah satunya, single "California King Bed" oleh Rihanna. Juga "Worth It " oleh Fifth Harmony.

Sebut saja ada lagu "Love So Soft" yang dipopulerkan oleh Kelly Clarkson. Juga "Imagine" oleh Ariana Grande. Dan yang paling hits adalah  "Timber" oleh Pitbull yang menampilkan Kesha.

Di malam penghargaan Grammy 2023, Muni Long sukses dengan penghargaan kategori Best R&B Performance untuk lagunya Hrs & Hrs.


Kesimpulan Penutup

Di acara penghargaan musik tahunan 2023 di Los Angeles kemarin, terbukti bahwa wanita juga banyak yang bisa berperestasi dalam tingkat dunia.

Baca juga : Wanita dan Aids di Hari Aids Sedunia

grammy-awards-2023

Dan tidak sekadar mengandalkan wajah, tapi bakat dan kemampuan yang mereka miliki. Sehingga sampai sudah tidak berusia mudapun, seperti Bonnie Raitt, tetap mampu berkiprah dan menunjukan prestasinya.

Sumber referensi:

  • https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20230206071958-227-909228/daftar-lengkap-pemenang-grammy-awards-2023 diakses 07 Februari 2023
  • https://hot.detik.com/music/d-6553143/daftar-lengkap-pemenang-grammy-awards-2023 diakses 07 Februari 2023
Gambar : Canva dan berbagai sumber.

Demikian artikel tentang Grammy Awards 2023 dan para wanita dengan prestasi yang mendunia, semoga menginspirasi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url