Bangga Memilih Jadi Wanita Introvert yang Baik dan Bahagia

jadi-wanita-introvert-yang-baik

Bangga memilih jadi wanita introvert yang baik dan bahagia merupakan sebuah keputusan bijak seiring dengan bertambahnya usia.

Meskipun beberapa pendapat mengatakan, bahwa hidup yang lebih baik adalah dengan bersikap masa bodoh. Tapi kadang hal itu berkaitan dengan hal-hal yang membuat orang lain jadi tidak nyaman, dan kiprah jadi wanita jadi musnah.

Baca juga : 10 Cara Mencintai Diri Sendiri Bagi Istri dan Ibu


Apa itu Wanita Introvert

Wanita introvert adalah istilah yang mengacu pada wanita yang punya sifat kepribadian introvert. Kepribadian introvert ini biasanya ditandai dengan preferensi untuk menghabiskan waktu sendiri atau dalam lingkungan yang tenang dan terisolasi. 

Seringnya wanita introvert menghindari berada dalam keramaian besar atau berinteraksi secara aktif dengan banyak orang.


Ciri Khas Wanita Introvert

Untuk mengenali wanita dengan karakter atau sifat yang introvert, kita bisa melihat dari ciri khas mereka, di antaranya:

  • Energi terpompa dari dalam.Wanita introvert cenderung mendapatkan energi dan pemulihan dari waktu yang dihabiskan sendirian. Mereka biasanya akan merasa lelah atau terlalu terstimulasi setelah berinteraksi sosial yang intens.
  • Berfokus pada dalam. Wanita introvert lebih sering merenung dan berpikir mendalam. Ini bisa membuat mereka berpengetahuan luas dalam bidang tertentu dan memiliki pandangan yang dalam.
  • Pilihan interaksi sosial yang terbatas. Meskipun wanita dengan sifat introvert ini bisa bersosialisasi dengan baik dan memiliki teman-teman. Namun mereka cenderung lebih memilih interaksi dalam kelompok kecil atau satu lawan satu dibandingkan berada dalam keramaian besar.
  • Sensitivitas terhadap stimulasi. Mereka cenderung lebih sensitif terhadap rangsangan eksternal, seperti suara keras atau cahaya terang. 
  • Merupakan pendengar yang baik. Karena cenderung mendengarkan dan merenung sebelum berbicara, wanita introvert sering menjadi pendengar yang baik dalam percakapan.
  • Pertimbangan mendalam sebelum bertindak. Sebelum mengambil keputusan atau bertindak, mereka cenderung mempertimbangkan berbagai sudut pandang dan akibat potensial dengan cermat.
  • Kreativitas. Kepribadian introvert seringkali terkait dengan kreativitas yang tinggi. Hal ini dikarenakan waktu yang dihabiskan dalam refleksi dan kontemplasi dapat menghasilkan gagasan-gagasan yang unik.

Baca juga : Pelakor adalah Wanita yang Menanggung Kesalahan Bersama, Sendirian


Hal-Hal Sederhana yang Dilakukan Wanita Introvert yang Baik dan Bahagia

Meski kehidupan wanita introvert cenderung tertutup dan dinilai aneh untuk kebanyakan orang atau wanita ekstrovert. Namun ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan agar tetap menjadi wanita introvert yang baik dan selalu bahagia, di antaranya:

jadi-wanita-introvert-yang-baik

1. Mengurangi rasa baper (terbawa perasaan / sensitif)

wanita identik dengan mudah baper atau sensitif, terlebih bagi wanita introvert yang cenderung lebih tertutup.

Karenanya, mengurangi kadar baper itu penting, mengingat semua manusia di dunia ini pastinya pada akhirnya akan membutuhkan orang lain.

Karenanya, tetap berteman dengan semua orang semampunya, dan menekan rasa baper adalah hal yang bijak dilakukan.


2. Menikmati kesendirian 

Meski wanita introvert selalu mencintai kesendirian, namun ada juga loh yang tidak bisa menikmati kesendiriannya itu.

Terdistraksi omongan dan penilaian orang lain menjadi suatu penyebab yang paling sering terjadi. Karenanya, wajib banget agar bisa mencoba menikmati kesendirian itu, no matter what, selama tidak merugikan orang lain.


3. Memahami pandangan negatif orang ekstrovert

Tidak jarang, kehidupan bahkan sikap penyendiri para wanita introvert dinilai aneh dan negatif oleh wanita maupun orang lain, khususnya yang ekstrovert.

Namun, mengikuti gaya hidup orang ekstrovert bukanlah sebuah solusi yang baik. Karenanya, tidak ada cara lain, selain belajar memahami pandangan negatif orang lain terhadap sikap wanita introvert tersebut.

Baca juga : Introvert Adalah Sifat yang Dipengaruhi Kebiasaan


4. Peduli kepada yang membutuhkan, namun tak memaksakan

Meski lebih suka menyendiri, namun bukan berarti benar-benar masa bodoh dan tak peduli sekelilingnya. 

Cobalah untuk lebih peduli kepada siapa saja yang membutuhkan, tentunya dalam situasi dan sikap yang tidak terlalu dipaksakan. Agar wanita introvert juga nyaman melakukannya.


5. Bersyukur dan selalu berpikiran positif 

Last but not least adalah selalu jadi wanita yang penuh syukur akan semua kehidupan dan dirinya serta tetap berpikiran positif.

Apapun yang terjadi, semua pasti akan selalu baik-baik saja.

Baca juga : Wanita dan Pemakaian Masker yang Mulai Dilonggarkan


Kesimpulan dan Penutup

Menjadi wanita introvert kadang serba salah, terlebih jika kita hidup di Indonesia yang identik dengan keramah-tamahan, kumpul-kumpul dan semacamnya. Sementara, hal-hal demikian dirasakan tidak nyaman oleh wanita dengan kepribadian introvert.

Karenanya, penting untuk belajar menjadi pribadi yang lebih baik, dengan tetap mencintai karakter yang memang sudah terbentuk sejak awal, menjadi wanita introvert.

Tetap peduli, dengan kadar yang tidak memaksa adalah langkah yang bijak


Sumber:

  • https://www.vice.com/id/article/bjpypm/empat-alasan-kamu-harus-bangga-menjadi-introvert diakses 19 Juli 2023
  • https://www.liputan6.com/citizen6/read/5160175/7-cara-ampuh-introvert-meningkatkan-rasa-percaya-diri diakses 19 Juli 2023
Gambar :  Canva edit by Rey
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url