Selasa, 12 Juli 2022

10 Cara Mencintai Diri Sendiri Bagi Istri dan Ibu

Cara Mencintai Diri Sendiri

10 cara mencintai diri sendiri bagi seorang istri maupun ibu ini sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama jika kita adalah wanita yang bersuami atau punya anak, ataupun keduanya.

Woman Daily kali ini, akan berbagi cara menjadi bahagia dengan cara mencintai diri sendiri, serta manfaat yang kita sebagai wanita, bisa dapatkan dari hal tersebut.

Manfaat Mencintai Diri Sendiri Bagi Istri dan Ibu


Sebagai wanita dengan status istri dan ibu, sungguh rentan mengalami stres bahkan depresi.
Bahkan, di masa sekarang, banyak kita temukan para wanita yang masih berjuang melawan kecemasan, stres bahkan sampai ke tahap depresi.

Para wanita ini, kebanyakan berstatus sebagai istri dan ibu, di mana hal itu sangat berdampak terhadap kehidupan pernikahannya, dan tentu saja juga dirasakan oleh anak-anaknya.

Dampak nyata terhadap pernikahan, bisa sampai ke tahap perceraian, yang bahkan sudah berceraipun, masih belum bisa lepas dari perjuangan konflik pasca bercerai.

Dan sudah bisa dipastikan, anak-anak yang akan ikut menanggung semua kekacauan, yang bermula dari rasa tidak bahagia seorang wanita.

Karena itu, sangat penting bagi seorang wanita, untuk bisa mencintai diri sendiri, karena dengan mencintai diri sendiri, akan mendapatkan manfaat positif buat dirinya sendiri, dan tentu saja akan dirasakan manfaatnya oleh orang-orang di sekelilingnya, termasuk suami dan anak-anak.

Adapun manfaat dari mencintai diri sendiri bagi seorang istri dan ibu, adalah:

1. Untuk kesehatan mental dan fisik wanita

Banyak wanita yang mengabaikan mencintai dirinya, dimulai dengan mengabaikan kebutuhan-kebutuhan dirinya, demi orang lain semata.

mencintai diri sendiri

Hal tersebut tidak salah, namun jika terus menerus dalam waktu yang lama, terlebih hal itu tidak sesuai dengan hati nuraninya, ibarat memendam rasa ketidak puasan bahkan kecewa, maka lama kelamaan, efeknya akan terasa pada mental sang wanita.
Jika mental sudah terganggu, maka otomatis kondisi fisik pun sering ikut terganggu.
 
Dengan mencintai diri sendiri, maka sama dengan memelihara kesehatan mental dan fisik seorang wanita, yang mana itu penting sekali dalam kehidupan sehari-hari.

2. Untuk kebahagiaan diri wanita

Mencintai diri sendiri, akan menghadirkan kebahagiaan pada wanita, karena dengan sendirinya tangki cintanya akan selalu penuh.

Fisik dan mentalnya sehat, hati selalu senang, tentu saja akan memancarkan kebahagiaan tersendiri bagi wanita, yang menjadikan sosoknya lebih baik lagi, dalam kesehariannya.

3. Untuk kebahagiaan suami

Jika seorang wanita yang berstatus istri merasa bahagia, karena selalu mencintai diri sendiri, maka dengan mudahnya dia akan spread the love ke sekitarnya.

Salah satunya, kepada suaminya.
Dengan bisa mencintai suami dengan baik dan tulus, insha Allah kebahagiaan suami akan lebih bisa tercapai, yang tentunya semua itu akan berbalik lagi kepada diri sang istri.

4. Untuk kebahagiaan anak-anak 

Tidak ada yang lebih membahagiakan bagi anak-anak, selain melihat kedua orang tuanya bahagia dan rukun. Ayah ibu yang bahagia, akan dengan mudah memancarkan cinta orang tua kepada anak, dan masalah pengasuhan akan lebih seimbang dan mudah diterapkan.

Anak-anakpun tumbuh dalam suasana dan keluarga yang bahagia.


10 Cara Mencintai Diri Sendiri Bagi Istri dan Ibu 


Betapa pentingnya cara mencintai diri bagi seorang wanita, khususnya istri dan ibu, karena dengan bisa mencintai dirinya sendiri, membuatnya lebih bahagia dalam menjalani hidup, yang tentunya akan berdampak positif bagi sekelilingnya, termasuk suami dan anak-anaknya.

sayangi diri sendiri

Lalu seperti apa sih cara mencintai diri sendiri itu?


1. Tidur yang cukup

Bukan hanya seorang wanita, semua manusia butuh waktu untuk istrahat, dalam hal ini tidur, dengan waktu yang cukup.

Tidur merupakan sebuah kegiatan yang penting, karena dengan tidur, kita bisa mengistirahatkan semua tubuh dan pikiran kita.

Dengan tidur yang cukup, kita bisa dengan mudah mengontrol nafsu makan, yang berdampak dengan berat badan normal, juga dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakit kronis. 

Jika waktu tidur cukup, kita bisa bangun dengan tubuh dan pikiran yang lebih segar, dan tentunya akan lebih mudah menghadapi kehidupan dn segala tantangannya.


2. Manajemen waktu dengan disiplin

Menjadi ibu dan istri itu tidak mudah, ada 4 hal yang harus diperhatikan dengan seksama dan menuntut porsi yang nyaris sama.
Diri sendiri, suami, anak dan pekerjaan domestik yang harus dilakukan.

Saking banyak yang harus dilakukan, maka tak jarang banyak yang menganggap 24 jam itu kurang, dan hal itu sering menjadikan seorang wanita merasa stres, yang jika dibiarkan, maka bisa berkembang jadi depresi.

Karenanya, manajemen waktu dengan disiplin, adalah salah satu cara mencintai diri sendiri, agar semua hal yang harus dilakukan, terpenuhi dengan baik, dan tentunya akan menghadirkan rasa bahagia di hati.


3. Mengenali kekurangan dan kelebihan diri

Salah satu sumber ketidak bahagiaan diri adalah, karena kita belum mengenali diri sendiri, kelebihan dan kekurangan yang ada di diri.

Dengan mengenali kelebihan dan kekurangan diri, maka kita bisa memaksimalkan dan fokus pada hal-hal yang menjadi kelebihan, dan menerima serta mengantisipasi hal-hal yang menjadi kekurangan diri.

Dengan demikian, masalah-masalah yang membuat kita tidak bahagia yang berasal dari diri sendiri, bisa diminimalisir atau bahkan dihindari, dan demikianlah menjadi salah satu cara kita sebagai wanita yang mencintai diri sendiri. 


4. Menerima dan berdamai dengan masa lalu

Semua orang memiliki masa lalu dengan sejuta cerita, dan banyak di antaranya yang justru membawa luka batin dari cerita sedih di masa lalu.

Rata-rata, permasalahan yang terjadi ketika dewasa adalah bermula dari hal tersebut, dan karenanya adalah sebuah hal bijak bagi seorang wanita, untuk bisa belajar menerima lalu berdamai dengan semua cerita sedih di masa lalu.

Jika beban masa lalu telah bisa diterima, dan berdamai karenanya.
Maka hati yang tenang, akan lebih mudah diraih.


5. Menyediakan waktu khusus untuk diri sendiri

Mencintai diri sendiri bisa dilakukan dengan selalu menyediakan waktu khusus untuk diri sendiri.
Ini penting banget bagi seorang wanita, terlebih jika sudah menjadi seorang istri dan ibu.

Dengan segala kesibukan yang harus dijalani, seringnya wanita melupakan untuk punya waktu untuk diri sendiri, sekadar minum kopi atau teh maupun cokelat hangat favorit, tanpa interupsi atau gangguan siapapun.

Membaca buku atau novel favorit, menonton film favorit.
Semua itu, bukanlah sebuah keegoisan, namun sebagai cara mencintai diri sendiri, agar tangki kebutuhan kita terpenuhi, dan hati lebih tenang, sehingga lebih mudah ikhlas mengurus semua hal yang berkaitan dengan status sebagai istri dan ibu.


6. Menjalankan pola hidup sehat

Mensana in corpore sano, itu bukan hanya sekadar istilah semata loh.
Bahwa jiwa yang sehat ada dalam tubuh yang juga sehat.

Kesehatan jiwa dan fisik, amat sangat penting bagi seorang wanita dengan status ibu dan istri, karena bagi mereka, tak ada yang namanya sakit.
Sakitpun, tak jarang ibu dan istri masih harus beraktivitas seperti biasa

Karenanya, mempunya tubuh yang sehat adalah wajib untuk wanita.
Hal ini sangat bisa dicapai jika wanita bisa menerapkan pola hidup yang sehat sebagai lifestyle-nya.

Dari makanan dan minuman yang sehat, tidur yang cukup, serta selalu meluangkan waktu untuk berolahraga, meski hanya gerakan yang ringan saja.

 

7. Selalu punya target atau rencana hidup

Target atau rencana hidup sangatlah penting bagi seorang wanita, khususnya yang berstatus istri dan ibu. Banyak yang mengira, menjadi istri dan ibu itu sangat membosankan, terlebih jika statusnya hanya seorang ibu rumah tangga, dan mantan wanita karir pula.

Namun, sebenarnya ada banyak cara untuk tetap bisa bahagia dengan mencintai diri sendiri, salah satunya dengan tetap punya impian yang membuat hidup jadi lebih semangat.

Impiannya bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada.
Misal, bagi seorang ibu rumah tangga, mempunyai target, suami dan anak-anak harus bertumbuh dengan bahagia.

Dari target tersebut bisa dibentuk rencana hidup yang dapat digunakan untuk mencapai target yang telah ditentukan.
Dan tentu saja hal itu akan membuat wanita jadi selalu bersemangat, tak peduli statusnya sebagai ibu rumah tangga di rumah saja. 


8. Selalu memprioritaskan suami

Memprioritaskan suami, bukanlah hal yang membuat wanita rugi, justru merupakan salah satu cara mencintai diri sendiri, karena dengan demikian dia bisa menjadi seorang istri yang baik, dan juga semua hal itu akan berbalik ke dirinya sendiri.

Di mana, suami akan jadi lebih cinta, dan ikut memprioritaskan keluarga termasuk kebahagiaan istri.
Lakukan hal tersebut dengan ikhlas, agar lebih ringan dan bahagia dengan semua yang kita lakukan tersebut.


9. Selalu memprioritaskan anak-anak

Selain memprioritaskan suami, anak-anakpun menjadi salah satu hal yang harus diprioritaskan.
Dengan demikian, anak-anak akan tumbuh menjadi anak-anak dengan mental dan sikap yang lebih baik, lebih mencintai dan menghormati kedua orang tuanya.

Dan hal itu, tentu saja akan membahagiakan orang tuanya, khususnya sang ibu.
Karenanya, memprioritaskan anak-anak, sama dengan mencintai diri sendiri bagi seorang wanita.


10. Bersyukur dengan status dan keadaan saat ini

Cara terakhir bagi seorang wanita untuk mencintai diri sendiri adalah, dengan selalu bersyukur dengan status maupun kondisi atau keadaan saat ini.

Bersyukur, membuat hati jadi lebih lega dan tenang, bikin kita lebih rilex dan yang paling penting adalah, Tuhan akan selalu memberikan hal-hal luar biasa bagi hamba-Nya yang selalu penuh syukur.


Penutup


Sejatinya, mencintai diri sendiri amat sangat penting bagi seorang wanita, khususnya seorang istri dan ibu. Karena dengan mencintai diri sendiri akan menghadirkan kebahagiaan diri sendiri.

cintai diri sendiri

Dan wanita yang berbahagia, akan lebih mudah memancarkan cinta dan kebahagiaan kepada sekitarnya, khususnya kepada suami dan anak-anaknya.

Jadi, jangan lupa untuk mencintai diri sendiri ya ladies, dengan cara melakukan 10 cara mencintai diri sendiri tersebut.


Sidoarjo, 13 Juli 2022

Sumber: opini dan pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey
Previous Post
Next Post

1 komentar: