Wanita Indonesia itu Cantik, Tak Perlu Dimiripin Negara Lain

wanita indonesia

Woman Daily - Saya penasaran banget, di zaman sekarang kira-kira masih adakah wanita Indonesia yang proud to being herself?, ya meskipun saya yakin sih masih ada, saya salah satunya *uhuk!.

Maksud 'proud' di sini adalah, wanita yang menganggap kalau dirinya cantik dan punya keunikan sendiri, tanpa perlu minder karena tidak bisa seperti orang Korea *eh.

Iya, euforia Korea Selatan memang sangat kuat di Indonesia, segala hal tentang Korea juga sangat digandrungi, baik K-Pop, drakor dan semua tetek bengek Korea.

Bukan hanya para gadis remaja hingga anak kecil, tapi juga para wanita usia matang, yang sebenarnya sudah bisa berpikir tentang hal-hal yang rasional.
Bukan hanya negara Korea sih, negara lainpun seolah menjadi kiblat parameter kecantikan. 

Salah satu yang menjadi problem wanita Indonesia terhadap euforia negara lain adalah, beramai-ramai memakai standar kecantikan a la negara lain.

Pokoknya kalau udah dengar yang namanya blasteran, pasti cakep.
Kalau dibilang cakep, pasti dimiripin ama negara lain.

Misal,
"Ih kamu tuh cantik ya, mirip orang Korea"
Atau,
"Wajahmu tuh cantik, mirip orang Arab"

Tuh kan, cantik selalu dimiripin sama negara lain.

Yang dibilang cantik pun nggak mau kalah,
"Iya, saya memang ada keturunan Korea / Arab / Jerman / dst, neneknya nenek saya sepupuan dengan kakeknya om keponakannya buyut saya, yang buyutnya keturunan Korea / Arab / Jerman / dst"
Iya, even keturunan dari luar negeri udah tinggal 'ampas'nya doang, saking jauhnya darah blasteran itu, tetap aja dijelasin, hahaha.


Wanita Indonesia itu Cantik!


Padahal ya, wanita Indonesia asli juga cantik-cantik loh.
Tanpa blasteranpun, wajahnya menarik, bahkan nggak ngebosenin dipandang.

Dian Sastro wanita indonesia
Dian Sastro | Liputan6

Sebut saja para artisnya, Dian Sastro, Adinia Wirasti, Nikita Willy dan lainnya.
Yang bukan artis dan cantik serta asli Indonesia juga banyak, coba aja perhatikan di sekeliling kita, eh bahkan liat saja ke kaca, coba perhatikan dengan seksama, bukankah kita juga cantik dalam segala kekurangan dan kelebihan kita?

Ardinia Wirasti wanita indonesia
Ardinia Wirasti | kapanlagi

Wanita-wanita Indonesia itu cantik dalam parameter umum, hanya saja sebagian orang menciptakan parameter sendiri untuk kecantikan tersebut.

Wanita Indonesia yang memang diciptakan Tuhan untuk hidup dengan mudah di lokasi Indonesia yang merupakan daerah tropis ini, tentu saja punya parameter berbeda dengan kecantikan wanita di lokasi kutub utara yang super dingin itu.

Kulit kita yang sawo matang, sudah diberikan Tuhan untuk melindungi kita dari sengatan matahari tropis yang hangatnya dirindukan orang-orang di daerah yang jarang merasakan hangatnya mentari.

Jadi, kecantikan wanita Indonesia asli itu, memang sudah berbaur dengan alamnya, sehingga bentuk kecantikannya tentu berbeda dengan wanita dari negara lain.


Standar Kecantikan Wanita Indonesia

  
Saya yakin, sebenarnya banyak kok dari kita yang mengakui, kalau wanita Indonesia asli itu cantik-cantik sesuai lingkungannya.

Magdalena Kusmiran wanita indonesia
Wanita Indonesia cantik zaman dulu, Magdalena Kusmiran (1887) | kaskus

Sayangnya, makin ke sini makin banyak yang menyebarkan parameter standar kecantikan wanita itu harus berkulit putih, tinggi, langsing dan kurus.
Nggak heran ya, banyak yang mengartikan, wanita Indonesia yang cantik adalah bihun, hahaha.

Dan karena parameter standar kecantikan seperti itulah, maka banyak wanita yang menganggap, kalau cantik itu hanya milik artis Korea, di mana kebanyakan dari mereka memang memiliki penampilan berkulit cerah, tinggi, langsing bahkan kurus.

Satu hal yang tidak kita sadari, bahwa para artis Korea tersebut juga, bukanlah mencermin semua wanita Korea, bahkan semua juga tahu, kalau wanita Korea yang terlihat cantik itu, bukanlah cantik asli sejak lahir, alias sudah dipermak sana sini melalui berbagai trend kecantikan di sana.

Park Min-young operasi plastik
Park Min-Young katanya lebih cantik berkat operasi plastik, | cutewallpaper

Para wanita Korea asli, atau wanita dari negara manapun yang asli, juga beragam bentuk wajah dan tubuhnya, semua disesuaikan dengan kondisi geografis masing-masing berada.

Wanita di Korea, rata-rata berkulit cerah, karena cuacanya tidak seperti di Indonesia yang hanya punya 2 musim saja.
Wanita di Eropa atau Amerika, punya kulit merah, rambut pirang, mata biru atau hijau, karena semua disesuaikan dengan geografisnya.

Kebayang kan jika kita yang tinggal di daerah tropis dengan berlimpah sinar matahari membakar kulit, dan diberi kulit yang minim pigmen di kulit, yang ada kita bisa kena kanker kulit karena tak banyak yang bisa memproteksi kita dari sengatan sinar matahari.

Demikianlah, pada dasarnya, setiap wanita itu cantik, hanya karena parameter standarnya aja yang salah, sehingga banyak yang lupa bahwa semua wanita itu diciptakan dengan cantik oleh sang Pencipta.
Dan jika dipelihara dengan baik, maka kecantikan dari dalam akan mekin melengkapi kecantikan kita, para wanita Indonesia.

Bagaimana dengan kalian, Ladies?

Sumber: Opini pribadi
Gambar: Canva dan berbagai sumber
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url